Jumat, 15 April 2011

Veteran. Data BPS (dalam angka) sebagian besar hanya dinikmati sebagai informasi mentah, dan hanya sebagian kecil yang menciptakan add value dari data tersebut.  Berdasarkan perhitungan kasar setiap  buku dalam angka mampu menciptkaan add value sebanyak 500 nilai.  Kita dapat membanyangkan jika seluruh dalam angka yang ada di Indonesia tidak kurang dari 300.000 add value.  Add value yang dapat diciptakan antara lain kesimpulan study, rekomendasi kebijakan, dan lain sebagainya. 
Penelitian/kajian menggunakan data BPS memiliki keuntungan antara lain anggaran kecil (relative murah) dan hasilnya relative akuntabel.  Anggaran kecil karena hanya membutuhkan anggaran untuk membeli buku dalam angka  sebesar ± Rp. 100.000/buku. Akuntabel karena hasil dari kajian dihasilkan dari data-data yang diperoleh dengan menggunakan method ilmiah.
Banyak jalan untuk menciptakan add value data BPS dari mulai secara sederhana sampai menggunakan bantuan softwere. Cara sederhana antara lain dengan prosentase, interval, rasio, rumus-rumus sederhana dan lain sebagainya. Penggunaan alat bantu antara lain SPSS, AHP, DEA , SEM, PLS dan lain sebagainya. (suripto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar