Jumat, 15 April 2011

Meningkatkan Percaya Diri Menulis

Veteran. Salah satu kunci penting  kesuksesan adalah percaya diri.  Tidak terkecuali untuk menjadi kesuksesan menjadi penulis harus percaya diri dalam menulis. Namun demikian tidak semua orang mampu membangkitkan rasa percaya dirinya. Secara garis besar kendala percaya diri berasal dari intern dan ekstern.  Secara intern meliputi rasa minder, takut gagal dan memperbesar masalah. Sedangkan kendala ekstern antara lain kesibukan pekerjaan,  keluarga (istri/suami, anak, orang tua, dll).
Banyak orang siap sukses, tapi sedikit orang siap gagal.  Thomas Alfa Edison melakukan kegagal sebanyak 999 kali dan hanya sekali mengalami kesuksesan. Jika TAE menghentikan usahanya dan berhenti maka dunia akan gelap tanpa lampu. MEngapa harus takut gagal ?
Minder  merupakan rasa ketidakpercayaan pada kemampuan diri sendiri. Ada dua kemungkinan untuk orang seperti ini yakni melakukan dan tidak melakukan. Tidak melakukan berarti sukses dalam kegagalan. Jika melakukan terdapat dua kemungkinan yakni terbukti dan tidak terbukti.  Jika terbukti dan berhenti maka akan gagal. Jika terbukti hasilnya tidak baik dan melakukan perbaikan terus menerus maka akan menjadi sukses.
Sedangkan kendala memperbesar dan mencari-cari alas an adalah orang yang telah menyiapkan diri untuk sukses dalam kegagalan. Tidak ada usaha yang dapat dilakukan karena mereka memiliki sejuta alas an untuk tidak menjadi sukses.
Kendala kesibukan pekerjaan, urusan rumah tangga dan lainnya merupakan kendala yang dapat diatasi dengan pembadian waktu dengan manajemen waktu yang baik.
Mengatasi kendala intern hanya dengan melakukannya. Jika takut gagal maka Jangan Takut Gagal. Jika Minder  maka jangan Minder.  Motivasi merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan diri. Motivasi dari diri merupakan dorongan yang paling  kuat dibandingkan dari luar.
Tiga kunci sukses untuk menulis dengan berkualitas :
1. Menulis
2. Memperbaiki  tulisan
3.  Menulis lagi dan Menulis lagi
(suripto) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar